Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stop Garuk-garuk, Inilah 6 Penyebab Gatal

Menderita gatal-gatal pastilah menyebalkan dan mengganggu. Tak hanya orang dewasa, anak kecil pun sering mengalami gatal-gatal. Gatal sendiri diartikan sebagai sebuah perasaan wajar yang dialami oleh kulit manusia.
Seperti yang dilansir oleh ngopo.com, bahwa “Gatal di kulit terjadi karena adanya sel-sel saraf yang mampu mendeteksi rasa gatal. Sel itu tentunya bukan ada di kulit melainkan ada di bagian tulang belakang yang kemudian membuat respon ke otak kita,” jelas dr Ratna Purnamasari dalam Coaching Class bersama Caladine di Kidzania Pacific Place, Jakarta Selatan, seperti ditulis Sabtu (14/6/2014).
Dalam acara yang bertemakan “Bebaskan Si Buah Hati dari Si Gatal” itu, dr. Ratna juga menjelaskan berbagai macam penyebab gatal. Menurutnya ada enam hal yang mampu menyebabkan gatal pada diri kita. Penyebabnya adalah sebagai berikut:
1. Kaligata
Nama medisnya adalah urtikaria. Kaligata merupakan penyakit pada kulit yang timbul karena adanya reasi berlebihan terhadap kondisi luar yang tidak baik seperti debu, udara, dan sebagainya.
2. Dermatitis
Dermatitis lebih sering disebut penyakit eksim. Dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang meradang dan iritasi. Ada tiga jenis dermatitis atopik, yakni dermatitis infantil yang menyerang balita di bawah dua tahun, kemudian ada dermatitis anak yang menyerang anak usia 2-5 tahun, dan dermatitis dewasa yang menyerang anak-anak hingga remaja usia 20 tahun.
3. Kulit terbakar matahari
Cuaca yang terkadang sangat panas sering membuat kulit kita terbakar. Ketika hal itu terjadi maka rasa gatal pun mengiringi.
4. Kulit kering
Sejatinya kulit manusia akan berganti setiap 28 hari sekali dan ketika hal itu terjadi maka sel kulit kita akan terpisah satu sama lain sehingga penghalang antara kulit dan lingkungan menjadi lemah. Hal inilah yang sering menyebabkan gatal luar biasa pada tangan atau kaki kita.
5. Produk kebersihan yang mengandung zat kimia
Penggunaan produk kebersihan seperti deterjen, sabun cuci piring, dan pemutih wajah juga sering menjadi penyebab gatal. Hal ini tidak lain tidak bukan karena zat kimia yang terkandung dalam produk tersebut.
6. Biang keringat dan gigitan serangga
Inilah penyebab gatal paling umum yang diderita manusia. Tak hanya orang dewasa, anak kecil pun sering mengalaminya. Menurut dr. Ratna, biang keringat terjadi karena adanya sumbatan-sumbatan pada pori-pori atau saluran keringat di tubuh. Sementara itu gigitan serangga yang paling sering menyebabkan gatal adalah gigitan nyamuk dan semut.