Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Video Bukti Bahwa Rusia Gunakan Bom Jenis Cluster di Suriah

Kelompok mujahidin Suriah memperlihatkan sebuah video tentang strategi kotor militer Rusia. Dalam video yang dirilis pada Sabtu (10/10/2015), terlihat bahwa Rusia menggunakan senjata berjenis bom cluster (bom curah) untuk menggempur pasukan mujahidin di Suriah.

Bom Cluster adalah rangkaian bom berisi puluhan atau ratusan peledak yang dipasang di roket atau dijatuhkan dari udara. Setelah mengenai sasaran, bom tersebut akan mengeluarkan ratusan bom yang lebih kecil, yang bekerja seperti ranjau darat.

Selain bukti video tersebut, kelompok Hak Asasi Manusia Human Rights Watch (HRW) juga menuduh Rusia dengan tuduhan yang sama, yakni menggunakan bom cluster dalam operasi militer mereka di Suriah.


Seperti dikutip dari AFP, bukti itu didapat dalam foto yang diperoleh saat pasukan Moskow menjatuhkan bom cluster di desa Kafr Halab pada tanggal 4 Oktober lalu.

“Ini mengganggu bahwa jenis lain dari munisi cluster telah digunakan di Suriah, mengingat bahaya yang bisa disebabkan terhadap warga sipil untuk tahun-tahun mendatang,” ujar Nadim Houry, wakil direktur HRW Timur Tengah.


Gemaislam.com